Kamis, 18 April 2013

Mengapa Kita Harus Beribadah?

Mengapa kita harus beribadah kepada Allah ?

 Allah SWT menciptakan manusia lengkap dengan berbagai kelebihan, yang dimaksutkan agar manusia menjadi Khalifah Allah dimuka bumi yang bertugas memakmurkan bumi.
    Agar bisa melaksanakan kekhalifahan dengan baik, maka harus didasari dengan semangat pengabdian (ibadah) yang murni sesuai karna Allah SWT. Dengan beribadah, manusia akan menjadi manusia yang bertaqwa kepada Allah SWT.

Dan sungguh kami telah memuliakan anak Adam.” (QS. Al Isra [17]: 70)
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa manusia telah dimuliakan dengan akal. (Lihat Tafsir Al Baghawi: 5/108)
Karena Allah yang Mengarunikan kepada Kita Rizki untuk Menopang Kehidupan Kita
Setelah diciptakan, diciptakan dengan bentuk terbaik dan dimuliakan dengan akal pikiran, karunia Allah selanjutnya adalah menurunkan beragam rizki yang dengannya manusia mampu bertahan hidup di bumi ini. Allah berfirman,

   أَمَّنْ هَذَا الَّذِي يَرْزُقُكُمْ إِنْ أَمْسَكَ رِزْقَهُ
Atau siapakah dia yang memberi kamu rezki jika Allah menahan rezki-Nya?” (QS. Al Mulk [67]: 21)
Itulah beberapa alasan mengapa kita harus beribadah kepada Dzat yang telah mengaruniakan kepada kita segala hal yang kita miliki saat ini. Jelas sekali, sejelas matahari di siang hari. Bagi orang-orang yang mau berfikir, bagi orang-orang yang berakal, bagi orang-orang yang mau mengambil pelajaran dan bagi orang-orang yang mau mengikuti fitrah sucinya. Begitulah Allah sering menyinggung nalar kita untuk berfikir di dalam Al Qur`an. Semoga Allah menuntun kita kepada petunjuk dan keridhaan-Nya***Wallahu a’lam.
Abu Khalid – Riyadh, Albatha


Tidak ada komentar:

Posting Komentar